Home / NASIONAL / Upaya Wujudkan Ketahanan Pangan, KWT Bina Lestari Galakan Masyarakat Bercocok Tanam

Upaya Wujudkan Ketahanan Pangan, KWT Bina Lestari Galakan Masyarakat Bercocok Tanam

(pelitaekspress.com)-PURWAKARTA – Upaya mewujudkan ketahanan pangan di tengah merebaknya wabah COVID-19, terus dilakukan warga Malangnegah Wetan RW 10 Kelurahan Nagri Tengah, salah satu caranya dengan memberdayakan kaum ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina lestari untuk bercocok tanaman sayuran.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Purwakarta dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta Imas Indriani mengatakan, pihaknya terus melakukan penyuluhan kepada kelompok Wanita Tani dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“KWT Bina Lestari di lingkungan RW 10 ini selain dari para kader PKK juga ibu rumah tangga. Selama ini mereka aktif menekuni pertanian jenis sayuran di perkotaan dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumahnya masing masing,” ujarnya Sabtu (30/5).

Jika dilakukan dengan tekun, kegiatan pertanian di perkotaan bisa menjadi ketahanan pangan baik Keluarga maupun wilayah, khususnya di Kabupaten Purwakarta.

Dilokasi yang sama Ketua KWT Kelurahan Nagri Tengah Eni Lestiorini menambahkan, pemanfaatan lahan pekarangan dilakukan melalui metode langsung maupun dengan cara hidroponik untuk sayuran daun dan buah-buahan. Selama ini, hasil dari pemanfaatan lahan perkarangan ini dimanfaatkan anggota kelompok tani untuk memenuhi kebutuhan sayuran bagi keluarga.

“Kita juga sedang galakkan penanaman sayuran daun dan buah di lahan kosong bekerjasama dengan PT East west seed Cap panah merah, yang merupakan perusahaan bibit tanaman,” ucapnya. (Deni)

 

DIBACA 616 kali

Check Also

Temui Gubernur, Wali Kota Tegal Klarifikasi Acara Dangdutan

(pelitaekspress.com) – SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima kedatangan Wali Kota Tegal Dedy …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *