Home / NASIONAL / Ucapkan Selamat Idul Fitri, MOI KALTIM : Patuhi Protokol Kesehatan Terkait Covid-19

Ucapkan Selamat Idul Fitri, MOI KALTIM : Patuhi Protokol Kesehatan Terkait Covid-19

(pelitaekspress.com) – KALTIM-Ketua DPW Kalimantan Timur Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) Jerison Togelang menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bagi seluruh rakyat Indonesia yang merayakan nya.

Perayaan Idul Fitri tahun 2020 ini ada yang berbeda. Pasalnya dihadapkan dengan merebaknya pandemi virus Corona atau Covid-19. Bahkan pemerintah menegaskan tidak ada yang boleh mudik dan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1441 H,  Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Dalam mengungkapkan selamat Idul Fitri ini, budaya saling kunjung dan berjabat tangan (Jawa: sungkem), khususnya di Indonesia merupakan aktivitas yang masih banyak dilakukan, namun saat Idul Fitri 1441 H nanti ada sedikit yang berbeda karena dengan masih ada wabah Covid-19, kegiatan salaman dan sungkem tentu (relatif) tidak terjadi. Tentunya juga  tidak sebanyak tahun lalu yang mudik atau pulang kampung, karena demi menjaga kesehatan masing-masing, dan patuhi protokol kesehatan terkait covid-19.

Bagi yang tidak bisa pulang-mudik  atau hadir secara fisik, ungkapan Idul Fitri 1441 H tersebut tentu bisa dilakukan dengan telepon, SMS, dengan WhatsApp (WA), dengan Vedio Call, kirim Facebook dan sebagainya.

Ketidakhadiran fisik ini tentu banyak juga yang telah mengirim paket lembaran  untuk orang tua, sanak saudara. Apapun sarananya, yang jelas konteks ungkapan ucapan selamat Idull Fitri merupakan  salah satu upaya dalam membangun relasi yang semakin baik dan mendalam, dalam arti membangun relasi yang saling tidak merugikan. Bagi para pelaku bisnis  cara-cara seperti itu masih  dilakukan, akan tetapi upaya yang lain yang tidak kalah penting masih dilakukan adalah juga membangun relasi dengan media massa, media online  dan media audiovisual (baca: koran, majalah, tabloid), televisi, radio dan media online lainnya, dengan memasang iklan ucapan Idul Fitri secara bersama.

Kebijakan untuk memasang iklan “Ucapan Selamat Idul Fitri” pada media menurut hemat saya, juga dapat sebagai ajang publikasi atau promosi, sekaligus membangun citra bagi  lembaga dan organisasi tersebut,  serta dapat juga  sebagai membangun kemitraan atau kerjasama yang saling menguntungkan. Dengan demikian jelas bahwa keberadaan media massa, media online dan media audiovisual merupakan  salah satu alat untuk memperkenalkan, mempromosikan dan memperluas relationship (kerjasama), pencitraan pada masyarakat masih menjadi pilihan yang  banyak dilakukan. Bahkan keberadaan media online cenderung semakin banyak diminati sebagai salah satu pilihan  dalam membangun relasi yang lebih efektif dan relatif lebih murah biayanya.

Dengan memaknai Indul Fitri ini, kiranya kita dapat saling memaafkan secara tulus iklas dan semoga segala kesalahan dan dosa kita selama ini diampuni oleh yang Maha Kuasa dan kita  kembali kejalan kehidupan yang lebih fitri (suci) lagi. Amin.  “Selamat Idul Fitri 1441 H” bagi para pembaca setia media anggota Perkumpulan Media Online Imdonesia.”Mohon maaf lahir dan batin” dan tetap Patuhi Protokol Kesehatan Terkait Covid-19.

“Jaga jarak untuk menghindari sentuhan badan, hindari kerumunan orang, jauhi kegiatan keramaian, rajin cuci tangan, gunakan masker dengan benar dan kurangi aktifitas diluar rumah, keluar rumah hanya seperlunya saja. “ucap bucek sapaan Jerison. (Saputra)

DIBACA 432 kali

Check Also

DPW PEKAT IB Sumsel Adakan Lomba Orasi Mahasiswa dan FGD

(pelitaekspress.com) -PALEMBANG  – Bertempat di hotel Swarna Dwipa Jalan Tasik Kambang Iwak, Dewan Pimpinan Wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *