Home / NASIONAL / Tim Satgas Siaga Pencegahan Penularan Covid-19  Janapria Sisir Sejumlah Pasar

Tim Satgas Siaga Pencegahan Penularan Covid-19  Janapria Sisir Sejumlah Pasar

(pelitaekspress.com)-JANAPRIA -Kegiatan Satgas Covid 19 Kecamatan Janapria pada Selasa 5 Mei 2020 diawali pukul 06.00 wita, melaksanakan pemantauan pengamanan penutupan Pasar Batubungus, Desa Janapria Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah, dimana di lokasi tersebut dalam suasana sepi tanpa pengunjung keadaan ini tidaklah sia-sia, dari warga memanfaatkan lahan parkir tersebut sebagai tempat menjemur padi hasil panen tahun ini.

Sementara itu di tempat terpisah bertempat di kantor Camat Janapria Muspika Kapolsek  Janapria Iptu H. Muhdar bersama Danramil Janapria Kapten Inf Suliono menemui warga dari beberapa desa/dusun di wilayah Kecamatan Janapria yang terindikasi mengajak masyarakat untuk menolak kebijakan pemerintah dalam menangani penyebaran Virus Corona / Covid 19 di Kecamatan Janapria dengan tetap melaksanakan kegiatan pengumpulan massa dibeberapa pasilitas umum dibeberapa dusun yang ada diwilayah Kecamatan Janapria, walaupun dari Satgas Covid 19 Kecamatan Janapria sudah berupaya untuk melaksanakan himbauan tsb dengan berkeliling kesemua masjid dan dusun yang ada diwilah kecamatan Janapria dengan membentuk Tim kecil yang dibagi menjadi 5 bagian wilayah agar semua wilayah dapat terkaper dalam sehari pelaksanaan mengingat Kecamatan Janapria yang luas terdiri dari 12 desa dipinitif dan 4 desa persiapan.

Alhamdulillah setelah dilakukan upaya pemanggilan dan pemberian penjelasan dari Satgas Covid 19 Kecamatan Janapria kepada beberapa pengurus masjid dan tokoh masyarakat yang dipanggil dengan cara terpisah telah menyatakan kesediaannya untuk mendukung kegiatan pemerintah tersebut, dengan menjelaskan himbauan Maklumat bersama Bupati Lombok Tengah serta Maklumat Kapolri kepada masyarakat yang masih mau melakukan kegiatan pengumpulan massa agar kembali/tidak melakukan kegiatan tsb dan bahaya sistem penyebaran virus corona (covid-19).

Disamping itu diminta untuk bersama sama ikut berperan aktif membantu petugas dalam memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap selalu menggunakan masker bilamana keluar rumah atau bepergian, Menjaga jarak, Selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

Sekitar pukul 11.00 wita, kegiatan Bhabinkamtibmas Desa Pendem Polsek Janapria Bripka Syamsudin bersama Tim Satgas Covid 19 desa Pendem melaksanakan kegiatan Penyemprotan disimpektan agar masyarakat merasa tenang dan tidak panik menyikapi situasi tsb yang berlokasi di dusun Penuntut Desa Pendem kecamatan Janapria, kampung tempat tinggal Alm. Saedun als Amaq Bahar yg meninggl di Rumah Sakit Umum Praya yg di makamkan secara standar Protokol Covit 19 (PDP), agar Masyarakat merasa tenang dan tdk panik setelah melalui peristiwa tsb.

Sementara itu sekitar pukul 09.00 wita,anggota Satgas Covid 19 Kecamatan Janapria yang lainnya telah melaksanakan pengamanan dan pengawalan kegiatan pembagian Kartu KKS dan Buku Tabungan BRI, dalam Program BPNT ( bantuan pangan Non tunai ) bagi Calon penerima KPM tambahan di kantor Desa Saba, Kec. Janapria Kab. Loteng, untuk bulan April dan Mei 2020, Setiap bulan tersebut KPM menerima uang sebesar Rp. 200.000/bulan, sehingga saat ini KPM dapat menggunakan uang tersebut untuk membeli Bahan Pokok antara lain : (Beras, Telur, Kacang Tanah).

Disebabkan dana yang diterima oleh KPM saat ini 2 bulan, maka uang yang diterima sebesar Rp. 400.000,- ( empat ratus ribu rupiah ) dapat segera ditukarkan dengan bahan pokok yang sudah disediakan oleh BRILINK, yaitu :

1). 2 Piss Beras, @ beratnya 9 Kg ( Total : 18 Kg )

2). 4 Terey Telur Ayam Ras, ( 1 Trey isi : 30 butir )

3) 1/2 Kg Kacang Tanah.

Sedangkan Giat pembagian BPNT Tambahan ini, di koordinir oleh pihak Aparatur Kantor Ds. Saba, Petugas BANK BRI Unit Janapria, Petugas BRILINK. Bahwa rencana giat pembagian Kartu dan Buku Tabungan, untuk sementara menunggu hasil evaluasi pelaksanaan di dua (2) Desa yg sudah menerima yaitu Desa Loang Maka pada hari Senin tgl 4 Mei dan hari Selasa tgl. 5 Mei 2020, bertempat di kantor Desa Saba Kec. Janapria Kabupaten Lombok Tengah mulai Pkl. 09.00 wita setiap harinya.

Mudah-mudahan semua kegiatan yang dilakukan dalam upaya mencegah penularan matarantai Covid 19 di kecamatan Janapria dapat berjalan sesuai dengan rencana dan harapan pemerintah agar masyarakat kedepan dapat melaksanakan kehidupan normal kembali, semuanya ini akan bisa terwujud hanya dengan kita bersama-sama semua lapisan masyarakat turutserta bahu membahu dalam menangani semua kegiatan yang dianjurkan dan diprogramkan pemerintah, tetap berupaya dan berdo’a semoga wilayah kecamatan Janapria terbebas dari wabah Covid 19.(RN)

DIBACA 553 kali

Check Also

Bupati Hadiri Acara Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati/Wabup

(pelitaekspress.com) – KEPULAUAN NIAS – Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM hadiri acara pengundian nomor urut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *