Home / NASIONAL / THLTB dan RTP di Kaltim Terima Sembako

THLTB dan RTP di Kaltim Terima Sembako

(pelitaekspress.com) – KALTIM- Di masa pandemi Covid-19, Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan pangan langsung sebanyak 1.279 paket sembako kepada Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian dan Rumah Tangga Petani (RTP – buruh tani dan petani penggarap) di Kaltim.

Penyaluran bantuan dilakukan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH), Dinas Perkebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim, serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Samarinda.

“Ini merupakan program Kementan untuk membagikan sembako bagi penyuluh pertanian dan rumah tangga petani (RTP) Di provinsi kita ditugaskan untuk mengemas dan menyalurkan,” jelas Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad, Kamis (21/5).

Diungkapkanya, sumber dananya semua dari APBN yang anggarannya masuk di masing-masing perangkat daerah, sementara barangnya di drop lewat Bulog. Jadi Disbun, Dinas PTPH, Disnakkeswan dan BPTP Samarinda kerja sama untuk mempersiapkan dan menyalurkan paket sembako itu di wilayah Kaltim dan Kaltara yang masuk dalam wilayah penyuluhan.

Ujang Rachmad menyebutkan bantuan paket sembako sudah disalurkan mulai pagi ini (Kamis, 21 Mei 2020) dan diterima penyuluh pertanian dan RTP. Paket terdiri beras (5 kg), gula pasir (1 kg), minyak goreng (1 ltr), bawang merah (1/2 kg), bawang putih (1/2 kg), telur asin (6 butir) dan susu (4 botol).

“Sejak pagi paket sembako Kementan sudah dibagikan dan diterima penyuluh pertanian dan RTP. Semoga bermanfaat,” harapnya.

Pendistribusian bantuan pangan langsung berupa paket sembako tersebut terdiri 1.100 paket untuk RTP. Sedangkan 179 paket untuk THL-TB Penyuluh Pertanian di Kaltim dan Kaltara, dengan rincian, Samarinda (10 paket), Balikpapan (5 paket), PPU (18 paket), Paser (31 paket), Kutai Timur (13 paket), Kutai Kartanegara (43 paket), Kutai Barat (17 paket) dan Berau (21 paket), serta Kaltara (22 paket). (JT)

DIBACA 519 kali

Check Also

Pjs.Walikota Gunungsitoli Hadiri Rapat Forkada Sekepulauan Nias

(pelitaekspress.com) – KEPULAUAN NIAS – Pjs. Walikota Gunungsitoli Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si hadiri rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *