Home / NASIONAL / Sekda DKI Saefullah Menijau  Rob di Pantai Mutiara Akibat Tanggul Alami Erosi

Sekda DKI Saefullah Menijau  Rob di Pantai Mutiara Akibat Tanggul Alami Erosi

(pelitaekspress.com) -JAKARTA – Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah meninjau lokasi jebolnya tanggul laut di kawasan Pantai Mutiara, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (7/6/2020).

Saefullah mengatakan, jebolnya tanggung hingga mengakibatkan air laut masuk sudah sejak tiga hari. Bertepatan juga dengan datangnya rob, atau air laut pasang. “Sesungguhnya bukan tanggulnya yang jebol, tapi di bawahnya ini ada erosi. Air terdorong sehingga jebol, ini di bawah konstruksi,” ucapnya di dampingi Wakil Jakarta Utara, Ali Mulana

Dikatakannya, perbaikan tanggul sudah dikerjakan dari Dinas Sumber Daya Air dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Tapi untuk pengeringan akan kita buka ke Waduk Pluit, nanti dipompa saja,” ujarnya.

Saefullah menyebutkan panjangnya korosi pada tanggul hingga mengakibatkan air laut masuk, sekitar 10 meter berada di bawah kontruksi. Sementara itu, hingga Sabtu siang ketinggian air di dalam kawasan perumahan Pantai Mutiara masih mencapai 80 – 120 centimeter.  Sedangkan, untuk di jalan raya air mencapai 10 centimeter.  Kondisi tersebut, mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir dan penghuninya banyak mengungsi ke sejumlah kerabat dan hotel.

Banjir  rob sebelumnya juga menerjang sejumlah wilayah di pesisir Utara Jakarta. Beberapa wilayah yang terendam seperti kawasan Muara Angke, Pelabuhan Muara Baru, pemukiman warga di RW08, Ancol dan Marunda, Cilincing (wbo)

 

DIBACA 669 kali

Check Also

Gubsu Tinjau Kesiapan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19

(pelitaekspress.com) – KEPULAUAN NIAS – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Pangdam I Bukit Barisan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *