Home / DAERAH / Sebagai Bentuk Transparansi Publik, Kampung Bumi Rahayu Pasang Spanduk Penerima Bantuan

Sebagai Bentuk Transparansi Publik, Kampung Bumi Rahayu Pasang Spanduk Penerima Bantuan

(pelitaekspress.com)-LAMTENG –Sebagai upaya transparasi dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), Kampung Bumi Rahayu Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), memasang spanduk pengumuman nama-nama masyarakat penerima bantuan.

Pasalnya, pengumuman nama-nama penerima Program Keluarga Harapan (PKH), penerima  BLT DD keluarga miskin dan terdampak Covid-19  serta Bantuan Sosial (Bansos) terpasang di kantor balai kampung, bertujuan agar semua masyarakat bisa melihat dan program BLT DD tepat sasaran sesuai juknis yang ada.

Kepala Kampung (Kakam) Bumi Rahayu Asrak Darmawan mengatakan, memasang sepanduk tersebut bertujuan agar semua masyarakat bisa melihat dan mengetahui siapa saja penerima BLT DD itu. Dengan harapan, masyarakat penerima itu benar-benar tepat sasaran dan sesuai petunjuk dalam penyalurannya,” kata Asrak Darmawan kepada Media ini, Selasa (30/6/2020).

Abdi masyarakat ini menambahkan, penerima BLT DD di Kampung Bumi Rahayu sebanyak 138 orang, penerima PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sekitar 201 orang dan penerima Bansos 88 orang.

Menurutnya, sejauh ini saya rasa masyarakat belum banyak yang mengetahui, sebab itu secara transparasi publik memasang spanduk/bener penerima bantuan tersebut. Tujuannya, agar tidak ada yang berprasangka buruk terkait BLT DD,” ungkapnya.

Dengan cara seperti itu, lanjutnya Asrak, masyarakat bisa mengetahui siapa saja yang berhak mendapat BLT DD itu. Juga seandainya masih ada masyarakat yang merasa tidak terdata, boleh mengusulkan tetapi dengan catatan semua sesuai kriteria penerima BLT DD.

“Saya ingin mengabdi kepada masyarakat Kampung Bumi Rahayu yang jujur, transparan, adil, sejahtera, akuntabilitas, berbudaya dan berakhlak mulia. Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi, waktu saya mencalonkan diri sebagai Kakam Bumi Rahayu,” tegasnya.

“Untuk hari ini, lanjut Asrak, pihaknya telah menyalurkan BLT DD tahap pertama pada bulan Mai 2020, dengan besaran Rp 600 ribu untuk 138 Kepala Keluarga (KK) penerima. Selanjutnya tahap kedua, masih dalam proses dan dalam waktu dekat sudah cair langsung kerekening menerima bantuan tersebut.

“Melalui bantuan itu kami berharap, dapat meringankan beban masyarakat ditengah Covid-19 ini, semoga bermanfaat. Kepada masyarakat, agar mengunakan BLT DD ini sebaik mungkin, serta jangan disalahgunakan,” harapnya. (Pur)

 

DIBACA 563 kali

Check Also

Disperkim Mesuji Gelar Penerimaan TFL dan TPM

(pelitaekspress.com) -MESUJI – Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DISPERKIM) Kabupaten Mesuji menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *