Home / NASIONAL / Satgas TMMD 106 Gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah Bersama DLH Kab. Malang

Satgas TMMD 106 Gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah Bersama DLH Kab. Malang

(pelitaekspres.com)-MALANG–Kepala Seksi Pengurangan Sampah dari Dinas LH Kab. Malang Ibu Lusi besera Babinsa KORAMIL 0818/ 11 Donomulyo Desa  Kedungsalam Sertu Agus Nurianto,  melaksanakan kegiatan sosialisasi bertempat di Balai Desa Kedunsalam, yang dihadiri oleh Kepala Desa se-Kecamatan Donomulyo beserta perangkat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

Hasil sosialisasi tersebut antara lain membahas tentang pengertian sampah, Jenis sampah (Sampah organik, Sampah non organik, B3 (barang beracun berbahaya) dan masa terurainya jenis sampah, Cara pengolahan sampah agar menjadi bermanfaat, Penyampaian UU tentang sampah, Rencana ke depan akan ada  pemberian bantuan dari dinas lingkungan hidup di desa Kedungsalam yaitu (Bangunan pengolahan sampah, mobil pick up, mesin pemilah sampah, mesin pencacah sampah,  mesin pres  sampah), Tehnik manajemen pengolahan sampah dan pengolahan ini agar di sosialisasikan langsung ke warga. Rabu (09/10/19).

Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan di samping mengolah sampah menjadi kompos atau meanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).  Selain itu, penerapan 3R ini juga dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. 3R terdiri dari Reuse, Reduce, dan Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.

Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Dengan kehadiran Babinsa pada sosialisasi tersebut diharapkan dapat mengetahui dan menyampaikannya kepada warga masyarakat tentang pengolahan sampah dengan 3R di lingkungan masing-masing. (Pendim 0818).

 

DIBACA 7.312 kali

Check Also

Razia Penertiban Masker Puluhan Pengendara Kena Cegat

(pelitaekspress.com) WONOTIRTO BLITAR – Pandemic Covid – 19 belum usai, masih banyak masyarakat yang abaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *