Home / NASIONAL / Positif Tetap Unggul, Sedangkan Sembuh dan Meninggal Tetap Legowo

Positif Tetap Unggul, Sedangkan Sembuh dan Meninggal Tetap Legowo

(pelitaekspres.com)-TERNATE – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara (Malut), mencatat sebanyak 185 pasien positif corona, pasien yang sembuh sebanyak 33 orang dan pasien meninggal karena virus corona sebanyak 18 kasus.

Hal itu ungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Maluku Utara, Alwia Assagaf melalui press rilisnya hari ini, Sabtu 6 Juni 2020.

Menurut Alwia, berdasarkan hasil pengolahan data di pusat data dan informasi gugus tugas Covid-19 Maluku Utara yang diperoleh dari dinas kesehatan Kabupaten/Kota dan KKP kelas III Ternate menyatakan bahwa Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) pada hari ini ada penambahan sebanyak 44 orang. Penambahan hanya terdapat di Ternate, dikarenakan adanya Tracking dengan pasien positif. Namun, ada juga pengurangan di Kabupaten Sula dikarenakan selesai masa pemantauan.

Lanjut Alwia menjelaskan, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 67 orang untuk kasus ODP pada hari ini ada penambahan pemantauan sebanyak 1 orang secara total, penambahan terdapat di Halsel. Namun ada juga selesai pemantauan yaitu di Kepulauan Sula. Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 37 orang.

”Untuk kasus PDP pada hari ini ada penambahan sebanyak 2 orang secara total, penambahan PDP terdapat di Halsel,” kata Alwia.

Selain itu, untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari ini kembali diterima hasil pemeriksaan melalui PCR dari Laboratorium BTLK-PP Manada, dimana diperiksa sebanyak 8 spesimen (40 orang) untuk diagnosa 74 orang sedangkan untuk folllow up 3 orang. Dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif sebanyak 7 orang, dengan asal keseluruhan dari Kabupaten Kepulauan Sula.

”Maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara sampai hari ini menjadi 185 orang, selanjutnya kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 179 sampai dengan kasus 185,” ungkapnya.

Sementara, untuk jumlah kasus sembuh Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan hasil pemeriksaan PCR BBTL-PP Manado pada tanggal 6 Juni 2020, follow up terhadap 6 spesimen (3 orang), folllow up dengan hasil 3 pasien negatif, kedua maka pasien sudah dapat dinyatakan telah sembuh, ketiga pasien berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula, pasien 51 inisial LAB, 52 inisial FS dan 54 inisial SD. Maka jumlah kasus sembuh bertambah 3 menjadi 33 orang dan kasus meninggal masih tetap 18 kasus.

”Jumlah kasus meninggal Covid-19 sebanyak 18 orang,” ujar Alwia.

Untuk diketahui, pemeriksaan Rapid Test sampai dengan hari ini telah dilaksanakan pemeriksaan kepada 6329 orang dan didapatkan hasil 431 orang reaktif yaitu 167 OTG, 61 ODP, 36 PDP dan 167 pelaku perjalanan dari luar daerah terjangkit, sedangkan 5898 orang dengan hasil Rapid Test Non Reaktif, pada saat ini yang sementara dirawat di RSUD Chasan Boesoeri sebanyak 38 orang diantaranya 14 kasus positif Covid-19, 2 ODP dan 22 PDP dan yang menjalankan karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 79 orang dengan rincian 63 pasien terkonfirmasi positif, 3 OTG, 7 PDP dan 6 pelaku perjalanan. (ais).

DIBACA 703 kali

Check Also

Rusmiati Istri Sekda DKI Jakarta Saefullah, Sebarkan Surat Terbuka, ini Isinya

(pelitaekspress.com) – JAKARTA – Rusmiati istri dari Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengirimkan surat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *