Home / NASIONAL / Pemkab Asahan Segera Pulangkan  TKI dari Malaysia 

Pemkab Asahan Segera Pulangkan  TKI dari Malaysia 

(pelitaekspress.com) -ASAHAN- Akibat pandemi Covid-19, ratusan warga Kabupaten Asahan yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara Malaysia ingin kembali ke kampung halaman. Mereka pada saat ini kondisinya sangat memprihatikan dan kelaparan di karenakan Pemerintah Malyasia memberlakukan Lock Down.

Hal tersebut diutarakan Indra Ringo, petugas yang ditunjuk Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan melalui Dinas Tenaga Kerja, Sabtu (02/05/2020).

Lebih lanjut Indra Ringo  mengatakan, saat ini pendataan terhadap TKI asal Kabupaten Asahan ada sekitar lebih kurang 300 orang yang telah di data dan diterima oleh pihaknya.

“Saya memohon dan meminta kalau bisa Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Kabupaten Asahan untuk segera dapat mengembalikan para TKI ke Indonesia/Kabupaten Asahan,” kata Indra Ringo sembari meminta agar secepatnya para TKI di pulangkan.

Sementara itu Bupati Asahan, H. Surya BSc selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Juru bicaranya, H. Rahmat Hidayat Siregar SSos , MSi membenarkan kabar tersebut.

Benar bahwa Ketua Gugus Tugas Kabupaten Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan melalui staf Disnaker saudara Catur telah menghunjuk dan menyuruh Indra Ringo untuk melakukan pendataan nama nama para TKI asal Kabupaten Asahan di Malaysia,” ucap Rahmat.

Dia juga mengatakan, setelah didata semua TKI warga Kabupaten Asahan. Selanjutnya Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H. Surya BSc segera mengirimkan surat dan melaporkan kepada Gubernur Sumatera Utara,” ujar Rahmat.

Langkah itu diambil dengan tujuan untuk mengurus segala administrasi ke pihak Kementerian Perhubungan. Kemudian Gubernur melaporkan dan meneruskan permohonan dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan untuk dapat memulangkan TKI yang berasal dari Kabupaten Asahan.

“Kita berharap semoga setelah didata para TKI asal Asahan semuanya. Dapat diproses pengurusan administrasinya untuk segera dikembalikan kekampung halaman,” jelas Rahmat.

Selain itu Rahmat juga mengajak masyarakat berdoa agar para TKI warga Asahan yang bekerja di Malaysia dapat segera kembali ke kekampung halaman dan wabah virus Corona (Covid-19) cepat berlalu. (Doni)

 

DIBACA 543 kali

Check Also

Kendaraan Luar Kota Dominasi Tol Semarang-Batang Long Weekend Maulud Nabi 2020

(pelitaekspress.com) – SEMARANG – Kepadatan arus kendaraan lalu lintas yang melintas di tol Semarang-Batang sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *