Home / ADVERTORIAL / Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Gelar Raker Bersama Dinas PMD Bahas Penanganan Covid-19

Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Gelar Raker Bersama Dinas PMD Bahas Penanganan Covid-19

(pelitaekspres.com)-BLITAR-Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar menggelar rapat kerja (Raker) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar membahas penanganan Covid-19 di Ruang rapat DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (15/04/2020).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Qonitah, S.Ag ditemui awak media mengatakan, raker ini digelar karena sifatnya membahas kedaruratan bencana non bencana alam. Dalam pembahasan terdapat regulasi-regulasi baru yang harus dilaksanakan sesuai aturan pemerintah.

“Salah satunya dibahas dalam raker terkait  pergeseran anggaran dana desa (DD) untuk penanganan Covid-19. Maka dari itu diperlukan langkah-langkah taktis dan strategis dari Dinas PMD untuk penanganan Codid -19 didesa-desa,” jelasnya

Lanjut Qonitah, S.Ag, dalam rapat tadi juga membahas bagaimana agar pemerintah desa didalam mengalihkan anggaran ke penanganan Covid-19 ini aman karena regulasinya jelas.

Disampaikan untuk acuan regulasi, ada SE Menteri Desa terbaru bahwa dana desa ini bisa digeser untuk bantuan langsung tunai (BLT) diluar masyarakat yang sudah menerima PKH maupun BPNT karna ada 14 kretiria bagi masyarakat penerima PKT dan BLT.

“Selain itu, menurut keterangan Dinas PMD, lanjutnya, nanti dimasing-masing desa dibentuk Satgas relawan yang dibuatkan SK oleh kepala desa, yakni ketua satgasnya kepala desa, wakil ketua BPD, Kasun, RT, RW, kader, pendamping desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk melaksanakan dan mengantisipasi penanganan Covid-19 di masing masing desa,” pungkas Qonitah.(tar/adv)

DIBACA 1.015 kali

Check Also

Pansus I DPRD Kabupaten Blitar Kembali Gelar Raker Bahas RDTR

(pelitaekspress.com) Blitar – Rapat Panitia Khusus (Pansus) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar kembali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *