Home / DAERAH / Ketua LSM Kampud Sambangi Pelita Ekspres

Ketua LSM Kampud Sambangi Pelita Ekspres

(pelitaekspres.com)- BANDARLAMPUNG- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kesatuan Aksi Mahasiswa Dan Pemuda Untuk Demokrasi (KAMPUD)  Lampung Seno Aji nyambangi kantor Pelita Ekspres  Kamis (28/5).

Dalam kunjungi nya tersebut disambut oleh Pemimpin Umum Pelita Ekspres sekaligus Direktur PT. Rawas Indo Media Sudipto. Seno Aji mengatakan bahwa pada pesta Demokrasi Pilkada serentak Deseber 2020 mendatang  para pengusaha media untuk tidak memihak kepada calon tertentu dan harus independen.

Dalam jurnalisme dan kegiatan jurnalistik,   dikenal adanya prinsip independensi dan netralitas dan prinsip ini harus ditegakkan. Independen artinya merdeka dalam menjalankan ideologi jurnalisme. Netral diartikan berimbang, akurat, tidak memihak kecuali pada kepentingan publik. Kenetralan peran media massa antara lain dengan menghindari adanya media massa yang  ditunggangi kepentingan politik atau kepentingan ekonomi semata. Media massa harus tetap proporsional dalam menyajikan berita dan sadar fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, kontrol dan perekat sosial dalam membangun budaya demokrasi yang berkualitas.

Peran jurnalisme dalam media merupakan dampak dari  kebutuhan manusia akan informasi sehingga media dalam memberikan informasi haruslah berjalan dalam koridor yang semestinya baik dalam eksistensi kelembagaannya maupun pelaksanaaan fungsinya dalam masyarakat karena  media  sangat menyentuh pada segala aspek kehidupan di masyarakat termasuk pada proses demokrasi pemilihan kepala daerah.

Peran media massa menginformasikan berita dalam realitas saat ini bagaikan dua buah mata pisau. Disatu sisi media merupakan media sosial dimana berperan sebagai alat edukatif, interaksi sosial dan komunikasi. Namun disisi lain juga merupakan lembaga ekonomi dengan kepentingan korporasi didalamnya yang tak terlepas dari faktor untung rugi atas usaha yang dilakukan.

Seno berharap, pada pilkada tersebut semua masyarakat harus tahu lebih detail, terutama dari kalangan pers.  “Disini pentingnya peran jurnalis, karena jurnalis menjadi ujung tombak sebagai informasi kepada masyarakat luas, karena pilkada 2020 ini berkaitan dengan Pilkada  2024 nanti,” harapnya.

Semantara Sudipto mengucapkan terima kasih atas kunjungannya di Kantor Pelita Ekspres, sebagai media yang telah terdaftar di Dewan Pers dalam menyadikan berita-berita harus akurat dan profesional. Sudipto yang juga Praktisi Humas akan Independen dalam Pilkada 2020 Desember mendatang. (li/ki/win)

 

DIBACA 570 kali

Check Also

Bantuan BSPS Tetap Berjalan Sesuai Edaran Menteri PUPR

(pelitaekspress.com) -BANDAR LAMPUNG- Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau BSPS tetap berjalan walaupun dimasa pandemi Covid-19. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *