Home / PENDIDIKAN / Andi Surya : Sebaiknya OJK Pahami Kesetaraan Lulusan PTN dan PTS Dalam Penerimaan Pegawai

Andi Surya : Sebaiknya OJK Pahami Kesetaraan Lulusan PTN dan PTS Dalam Penerimaan Pegawai

(pelitaekspress.com)- BANDARLAMPUNG-Maraknya pemberitaan yang menyatakan pembukaan lowongan pekerjaan di kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lampung bernuansa diskriminatif, menimbulkan pandangan miring dari organisasi PTS Lampung (APTISI) terhadap kebijakan OJK yang hanya menerima lulusan PTN di Lampung, (RilisLampung.id, 19/11/2020).

Menanggapi hal ini, DR. H. Andi Surya, Ketua Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI) Lampung yang merupakan wadah organisasi Yayasan Penyelenggara PTS, menyatakan bahwa jika benar kebijakan yang dikeluarkan oleh OJK Lampung terkait penerimaan karyawan mempraktekkan aturan diskriminatif, merupakan preseden buruk terhadap keberadaan sistem pendidikan nasional khususnya pendidikan tinggi, sebut Ketua ABP-PTSI Lampung.

“UU Sisdiknas No 20 tahun 2003 menyatakan bahwa tidak ada lagi dikhotomi antara PTN dan PTS, selanjutnya UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi secara tegas telah menetapkan aturan kesetaraan PTN-PTS, izin penyelenggaraan Institusi maupun Program Studi baik PTN maupun PTS dikeluarkan oleh negara melalui Kemendikbud RI, jadi tidak ada perbedaan.”, Jelas Andi Surya, yang juga mantan anggota DPD RI (2014 – 2019) dan DPRD Lampung dua periode (2004 – 2014).

Andi Surya melanjutkan, “Ketika saya di DPD RI, pernah mengundang rapat Kementerian PAN-RB yang saat itu menterinya Pak Asman Abnur, ditegaskan bahwa penerimaan pegawai di Indonesia berinduk pada kesetaraan PTN dan PTS, yang membedakan hanya pada akreditasi, semua lembaga negara pusat dan daerah wajib menerima lamaran kerja dari anak- anak bangsa yang lulusan perguruan tinggi dari mana pun asalnya”, Jelas Andi Surya.

“Artinya, semua lembaga negara; kementerian, badan hingga pemerintah daerah bahkan lembaga swasta tidak boleh membedakan PTN dan PTS dalam hal penerimaan pegawai, semua lulusan perguruan tinggi diberi kesempatan sama untuk melamar pegawai negeri tanpa kecuali”, Sebut Andi Surya.

“Buktinya dalam kehidupan nyata tidak sedikit lulusan PTS yang prestasi kerja lebih baik dari lulusan PTN dan mendapatkan kedudukan kesuksesan yang tinggi dalam kariernya”, lanjut akademisi sekaligus Ketua Yayasan UMiTRA (Universitas MiTRA Indonesia) Bandar Lampung ini.

Di akhir pembicaraan, Andi Surya menghimbau, “Sebagai Ketua Asosiasi Yayasan PTS, saya harapkan OJK Lampung memahami UU Sisdiknas dan Dikti dalam hal rekrutmen pegawai, jika tetap melakukan diskriminasi berpotensi gerakan protes dari mahasiswa, akademisi dan organisasi PTS se Lampung juga kemungkinan gugatan hukum tata usaha negara”, Tutup Andi Surya.(*)

DIBACA 311 kali

Check Also

DR. John Numberi, Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0, Faltek Uncen Buka Prodi Baru

(pelitaekspress.com) – PAPUA – Dekan Fakultas Teknik Uncen, Dr. Ir, Johni Jonathan Numberi, M.Eng. pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *