Home / HUKUM & KRIMINAL / Karhutla Tanggung Jawab Semua Element.

Karhutla Tanggung Jawab Semua Element.

(pelitaekspres.com)-PAGARALAM- Masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Kerhutla) Saat ini bagai momok menakutkan yang setiap waktu bisa terjadi, apalagi pada musim kemarau seperti saat ini.

Karenanya, Rabu (18/9/2019) pukul 08.45 WIB bertempat di Halaman  Mapolres Pagar Alam  dilaksanakan kegiatan apel bersama yang bertajuk:

*APEL BERSAMA TNI, POLRI, BPBD, SAR DAN INSTANSI TERKAIT DALAM RANGKA HADAPI BENCANA ALAM & KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI KOTA PAGAR ALAM*.

Apel  dipimpin langsung oleh Kapolres Pagar Alam, AKBP.Trisaksono Puspo Aji S.Ik.M.Si  yang dihadiri oleh :
1. Wakapres Pagar Alam.
2. Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran.
3. Pabungkol Kodim Lahat.
4. Kepala Basarnas Kota Pagar Alam.
5. Kepala PBK Kota Pagar Alam.
6. Perwakilan Sat Pol PP Kota Pagar Alam.dan Peleton terkait

Dalam arahannya pimpinan apel menyampaikan hal-hal antar,. Seperti kita ketahuai saat ini ada beberapa wilayah yang sedang bejibaku memadamkan api akibat kebakaran hutan dan lahan, untuk titik hot pot terbanyak berada di Kalimantan Tengah, Riau dan sebagian di Sumatera. Untuk di wilayah Kota Pagar Alam sudah beberapa kali kita melakukan pemadamam,

“Ada beberapa orang yang kita amankan karena diduga melakukan pembakaran hutan.”jelasnya.

Seluruh instansi terkait harus mempunyai andil untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan, jika api sudah besar sulit untuk dipadamkan. Diharapkan setelah pelaksanaan apel ini kita membuat WA Group, ketika ada kebakaran hutan dan lahan bisa dikirimkan foto dan koordinatnya sehingga seluruh pihak terkait bisa melakukan pemadaman api, yang paling penting edukasi kepada masyarakat untuk sama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan di wilayah setempat.

Marilah kita bersama-sama melakukan koodinasi yang baik, karena ini tugas kita bersama untuk menciptakan Kota Pagar Alam yang sejuk sehingga anak-anak kita bisa hidup sehat terhindar dari penyakit Ispa”.Karhutla masalah kita semua, urainya.

Lanjut dia, dalam rangka penegakan hukum terhadap pembakaran hutan dan lahan akan dilakukan tindakan keras dan tegas, tidak ada toleransi karena pembakaran hutan akan berdampak luas dan dapat merugikan orang lain.

Masing- masing instansi dapat membuat spanduk dan pamflet kemudian disosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat mempunyai kesadaran untuk tidak membakar hutan dan lahan. Nanti hari Jumat ini, Bapak Walikota akan melaksanakan sholat istisqo, masing-masing instansi agar sama-sama berdoa sehingga permintaan kita didengar oleh Allah SWT.

Saya harapakan kepada rekan-rekan semua betul-betul siap siaga jika dipanggil untuk melaksanakan tugas, TNI/Polri, Basarnas pada saat kita mendaftar sebagai petugas maka 70 persen hidup kita utk mengabdi pada negara.

Pada akhir arahan apel tersebut, Kapolres mengatakan bahwa dirinya berharap dengan kegiatan ini akan memberikan sumbangsi kepada Kota Pagar Alam dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kota Pagar Alam.

Selesai apel  dilanjutkan dengan kegiatan Peragaan dari Damkar dalam usaha memadamkan api apabila terjadinya kebakaran hutan dan lahan.(Repi)

 

DIBACA 7.225 kali

Check Also

Terduga Narkoba, Delapan orang Diamankan.

(pelitaekspress.com) – BANDARLAMPUNG- Ditresnarkoba Polda Lampung melalui Subdit I Ditresnarkoba berhasil mengamankan Delapan orang terduga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *