Home / DAERAH / Jelang New Normal, Pemkab Lamsel Akan Segera Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan

Jelang New Normal, Pemkab Lamsel Akan Segera Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan

(pelitaekspress.com)-KALIANDA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Apel Gelar Pasukan Gugus Tugas Tugas Covid-19 di Lapangan Korpri, Pemkab setempat, pada Selasa pagi (2/6/2020).

Apel yang dipimpin langsung Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto itu dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan pada masyarakat menuju tatanan kehidupan baru atau new normal di wilayah Kabupaten Lampung Selatan ditengah pandemi Covid-19.

Dalam apel itu, Bupati Lampung Selatan didampingi Kapolres, AKBP Eddie Purnomo dan Dandim 0421/LS Lektol Kav Robinson Oktovianus Bessie. Selain diikuti Tim Gugus Tugas Covid-19, apel juga diikuti jajaran TNI dan Polri serta dinas intansi terkait lainnya.

Dalam arahannya, Nanang Ermanto mengatakan, keberhasilan negara yang sukses menekan penyebaran Covid-19 atau virus korona, adalah negara yang mampu mengarahkan masyarakatnya untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Protokol kesehatan itu kata Nanang, seperti tidak keluar rumah atau berpergian apabila tidak mendesak, menjaga jarak aman antar manusia dan menghindari kerumunan atau physical distancing, rajin mencuci tangan setelah berkativitas dan selalu mamakai masker.

Lebih lanjut mengatakan, sebagai pelaksana Gugus Tugas di daerah, tim Gugus Tugas harus melaksanakan secara optimal semua kebijakan terkait percepatan penanganan Covid-19.

Sebab menurutnya, virus korona merupakan bencana nasional non alam yang perlu ditangani secara bersama-sama yang melibatkan berbagai lintas sektoral.

“Untuk itu kita harus mampu mengarahkan masyarakat mematuhi strategi ini. Sebab tingkat kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang situasi ini tidaklah sama. Perlu adanya upaya yang lebih represif tetapi humanis agar kebijakan ini bisa dipahami masyarakat,” ujar Nanang.

Selanjutnya, dalam kesempatan itu, Nanang meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan semua instansi vertikal serta lembaga-lembaga mulai dari desa sampai tingkat kabupaten, untuk dapat menyediakan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat serta penanggungjawab tempat keramaian seperti, pasar, mini market, lembaga keuangan atau Bank, dapat menyediakan temat cuci tangan yang mudah dijangkau. Agar penularan virus korona bisa kita cegah sedini mungkin,” imbuh Nanang.

Meski tugas Gugus Tugas adalah melakukan proses perubahan nilai, sikap dan prilaku masyarakat menuju new normal, dirinya mengingatkan bahwa kegiatan melawan Covid-19 belum berakhir. Walaupun pemerintah pusat telah melonggarkan PSBB dibeberapa daerah.

“Saya percaya kita semua dapat melaksanakan kebijakan ini secara optimal. Untuk itu saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Covid-19 yang telah bekerja dengan baik, mengutamakan keselamatan masyarakat tana mengabaikan keselamatan diri,” pungkas Nanang. (kmf-cak)

DIBACA 372 kali

Check Also

Dendi: Penyerahan SK Sebagai Landasan dan Hukum Bagi KTH

(pelitaekspress.com) – PESAWARAN – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengakuan dan Perlindungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *