Home / DAERAH / Isu Kahutla dan Pengerukan Pasir di GAK di Talkshow Wakapolda Lampung di Kalianda

Isu Kahutla dan Pengerukan Pasir di GAK di Talkshow Wakapolda Lampung di Kalianda

(pelitaekspres.com)-KALIANDA-Isu kebakaran hutan dan Lahan serta dugaan adanya pengerukan Pasir di seputar Gunung Anak Krakatu (GAK) mengemuka dalam Talkshow Waka Polda Lampung  Brigjend Pol Drs Sudarsono SH M Hum, Selasa (17/9/2019) di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.

Talkshow yang mengambil Thema Merajut Kebhinekaan menguatkan persaudaraan ditenga perbedaan pasca Pemilu 2019 di Lampung Selatan ini dihadiri oleh para tokoh adat, tokoh masyarakat, ormas/OKP, ASN serta para undangan lainya.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Muhamad Syarhan SIK MH dalam keteranganya mengatakan bahwa Kahutla yang terjadi saat ini adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh petani yang kurang paham tentang bahaya pembakaran hutan/lahan saat akan bercocok tanam,  atau mmenginginkan biaya murah saat akan memulai bercocok.tanam sehingga mengambil jalan pintas yakni dengan membakar lahanya.

Namun demikian, pendekatan dan sosialisasi yang dilakukan oleh jajaranya Bhabinkamtibmas beserta Babinsa dan Polhut kepada masyarakat, pembakaran hutan/atau pembakaran lahan diwilayah hukum Polres Lampung Selatan tidak terjadi  ” Alhamdukillah Kahutla di Lamsel tahun ini tidak ada, selain tingkat kesadaran masyarakat sudah semakin baik, sosialisasi terus dilakukan oleh jajaranya bersama Tim lainya ” tuturnya lagi.

Sedangkan dugaan adanya akan dilakukanya pengerukan pasir diwilayah Gunung Anak Krakatau (GAK), pihaknya sudah melakukan pendekatan dengan pemilik perusahaan, dan ditemukan bahwa ijin yang dimilikinya lengkap. Namun demikian pihaknya masih melakukan konunikasi dengan pihak terkait dan hasil kajian tentang dampak bagi masyarakat dan ekosisten yang ada, oleh karena itu perlu waktu agar hal ini dapat diselesaikan dengan sebaik baiknya ” tutur Wakapolda Lampung Brigjend Pol Drs Sudarsono yang disambut baik oleh para peserta dan undangan yang hadir . (cak Ton)

 

 

DIBACA 7.347 kali

Check Also

FORHATI Bandarlampung Adakan Pelatihan Leadership Di Sekretariat HMI

(pelitaekspress.com) – BANDARLAMPUNG  -Forum Alumni HMI Wati (Forhati) adakan pelatihan leadership di Sekretariat HMI Cabang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *