Home / NASIONAL / Ingat!!! Pendistribusian Bansos Diawasi Satgas Saber Pungli UPP Purwakarta 

Ingat!!! Pendistribusian Bansos Diawasi Satgas Saber Pungli UPP Purwakarta 

(pelitaekspress.com) -PURWAKARTA- Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Satgas Saber Pungli Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Purwakarta siap mengawal, mendampingi dan mengawasi pendistribusian bansos (bantuan sosial) bagi warga terdampak COVID-19.

Demikian disampaikan Ketua Satgas Saber Pungli UPP Purwakarta Kompol Ijang Safe’i saat menyosialisasikan pencegahan pungli penyaluran bansos di Desa Nagrok, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (9/5). Seperti diketahui, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memiliki sembilan pintu bantuan untuk warga terdampak COVID-19. Adapun salah satu fungsi Satgas Saber Pungli adalah memastikan bantuan tersebut tersampaikan.

“Kami juga gencar menyosialisasikan keberadaan Satgas Saber Pungli kepada masyarakat. Kami jelaskan tugas kami untuk mencegah terjadinya pungli pada pendistribusian bantuan sosial,” kata Ijang.

Keberadaan Satgas Saber Pungli UPP Purwakarta juga guna mencegah dan meminimalisir gesekan yang berpotensi terjadi di masyarakat.

“Misalnya ada warga yang belum mendapatkan bantuan, sementara tetangganya sudah. Ini berpotensi gesekan, dan ini harus dicegah,” ujarnya.

Lebih lanjut Ijang menyampaikan, Satgas Saber Pungli UPP Purwakarta juga memiliki langkah solutif untuk warga yang belum terdata sebagai penerima bantuan sosial.

“Kami akan meminta data warga yang belum menerima dari tiap-tiap desa dan meneruskannya. Selain itu, kami juga menyediakan paket sembako gratis untuk meringankan beban warga yang belum menerima bantuan tersebut,” ucapnya.

Khusus di Kecamatan Wanayasa yang terdiri dari 15 desa, ada 599 kepala keluarga yang belum menerima bantuan sosial. “Untuk awal-awal ini kami sebarkan sebanyak 100 paket sembako di beberapa desa di Kecamatan Wanayasa,” kata Ijang. (Deni)

DIBACA 649 kali

Check Also

Positif Covid Pagaralam Capai 25 Kasus

(pelitaekspress.com) – PAGARALAM – Pertambahan satu kasus Covid 19 di Pagaralam menambah deretan angka hingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *