Home / Komando / Garda Terdepan dan Tergabung Tim Gugus Tugas, Kodim 0410/KBL Jalani Rapid Test

Garda Terdepan dan Tergabung Tim Gugus Tugas, Kodim 0410/KBL Jalani Rapid Test

(pelitaekspress.com)-BANDAR LAMPUNG-Sebagai garda terdepan dan tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kodim 0410/KBL menjalani rapid test di Makodim setempat, Kamis (28/5/2020).

Rapid test tersebut dilakukan oleh tim medis dari Puskesmas Segala Mider yang dipimpin Drg. Lidwina. Rapid test merupakan metode screening awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi tubuh dalam melawan virus corona. Bukan tanpa sebab para anggota Kodim 0410/KBL menjalani tes. Pasalnya, sejak dua bulan lebih Kodim 0410/KBL sudah berhadapan langsung dengan masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Kepala Puskesmas, Drg Lidwina mengatakan pihaknya akan memberikan edukasi dan Rapid Test Covid 19 untuk anggota kodim 0410/KBL, dengan memeriksa tentang kesehatan para anggota untuk pendataan. Dan apabila ada yang terindikasi reaktif akan kami lakukan pengecekan swab agar mengetahui sejauh mana dan dilanjutkan dengan pantauan khusus.

“Sekarang ini ada yang dinamakan orang tanpa gejala seperti kita merasa tidak punya gejala klinik,  tidak demam flu, namun reaktif positif dan sistem tubuhnya kuat. Kita harus hidup sehat makan – makanan bergizi agar sehat seperti sayur dan buah,” jelasnya.

Ia menerangkan, untuk tahapan rapid test sendiri yakni edukasi, screening, pemeriksaan temperatur tubuh, dan pengambilan darah serta pemeriksaan rapid test.

Sementara Dandim 0410/KBL, Kolonel Inf Romas Herlandes mengatakan, rapid test ini perlu dilakukan oleh para anggotanya yang setiap hari bertemu dengan masyarakt dari berbagai daerah di pintu perbatasan.

“Seperti yang sudah diketahui, Kodim 0410/KBL bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandar Lampung setiap harinya memeriksa di pintu perbatasan kota, lalu menyosialisasikan ke rumah, tempat ibadah, jalan, dan ikut memeriksa. Tim ini lah yang berisiko besar, jangan sampai kita yang memeriksa tapi kita justru sakit dan alhamdulillah dari 30 orang yang melaksanakan rapid tes hasilnya negatif semua. Terima kasih kepada Puskesmas Segala Mider,” ucap Dandim.(rls)

DIBACA 419 kali

Check Also

Koramil 01/Wny Kodim 0619/Pwk Laksanakan Bintahwil Ops Yustisi

(pelitaekspress.com) -PURWAKARTA – Koramil 1901/Campaka, melaksanakan Bintahwil dan Operasi yustisi tentang penerapan protokol kesehatan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *