Home / Komando / Diskanak Banyumas Berikan Materi Complete Feed Ruminansia di Non Fisik TMMD Reguler

Diskanak Banyumas Berikan Materi Complete Feed Ruminansia di Non Fisik TMMD Reguler

(pelitaekspress.com)-BANYUMAS– Sosialisasi complete feed atau pembuatan pakan komplit untuk ternak ruminansia kambing, domba, sapi, dan kerbau, diberikan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas, di non fisik TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, kepada masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas. Kamis (16/7/2020).

Belasan peserta yang terdiri dari perwakilan peternak atau kelompok ternak desa setempat ini, dipandu narasumber yaitu Ir. Ari widayati, Kasi Bidang Ternak dan Pakan Diskanak Banyumas, di Lokawisata Watu Kumpul, Petahunan.

Ir. Ari Widayati menjelaskan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan SDM masyarakat peternak Petahunan, sehingga mempunyai alternatif pakan pengganti selain hijauan.

“Complet feed adalah solusi para peternak ruminansia ketika terkendala sulitnya mencari hijauan secara kuantitas dan kualitas di musim kemarau, terlebih harga konsentrat buatan pabrik cukup mahal sehingga menyebabkan ongkos produksi meningkat,” terangnya.

Dijelaskannya lanjut, dengan pakan komplit yang telah difermentasi, maka dapat bertahan lama untuk pakan ternak. Untuk bahannya meliputi jerami, merang, bekatul, tetes tebu serta starter starter mikroba untuk fermentasi pakan.

Diakhir materinya, sebelum kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung pencampuran semua bahan tersebut, Ari Widayati berharap transfer ilmu dapat diserap dengan baik sehingga para peserta kedepannya mampu untuk memanfaatkan potensi limbah pertanian sebagai formulasi pakan komplit. (Aan)

DIBACA 488 kali

Check Also

Kodim 0410/KBL bersama Satgas terpadu percepatan Penanganan Covid-19

(pelitaekspress.com) – BANDAR LAMPUNG – Kodim 0410/KBL bersama Satgas terpadu percepatan Penanganan Covid19 Kota Bandarlampung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *