Home / Komando / Di Lokasi TMMD Reguler Banyumas, Babinsa Terus Dorong Warga Binaannya Untuk KB

Di Lokasi TMMD Reguler Banyumas, Babinsa Terus Dorong Warga Binaannya Untuk KB

(pelitaekspress.com) – BANYUMAS – Di sela-sela kesibukan di pekerjaan fisik TMMD Reguler 108 Banyumas, Babinsa Petahunan, Koramil 15 Pekuncen, Kodim 0701 Banyumas, Serka Eko Budi Wiyono, juga terus memotivasi warga desa binaannya untuk ber-KB.

Tampak dirinya memberikan penyuluhan lapangan kepada Ibu-ibu Desa Patahunan RT. 05 RW. 04, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, di hari ke-19 pelaksanaan TMMD Reguler. Sabtu (18/7/2020).

“Motivasi terus saya lakukan karena Desa Petahunan cukup tinggi pertumbuhan penduduknya dalam satu keluarga,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan jumlah penduduk mencapai 4.652 jiwa dalam 1.548 KK di tahun 2020 ini, dan kepadatan penduduk 500 jiwa/kilometer persegi, jelas menjadi persoalan tersendiri dalam meningkatkan mutu pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan masyarakatnya.

“Ini merupakan PR bersama yang harus segera dicarikan solusinya. Pertumbuhan penduduk di Petahunan tak terlepas dari banyaknya pernikahan dini, serta rendahnya kesadaran masyarakat untuk ber-KB,” tandasnya.

Dikatakannya lanjut, tingkat kesejahteraan ekonomi yang masih rendah selaras dengan pendidikan. Itulah yang memicu remaja setempat untuk bekerja dan tidak melanjutkan ke bangku kuliah. Akhirnya pernikahan usia muda tak dapat dihindarkan.

Untuk itulah dirinya juga menyempatkan penyuluhan di lapangan tentang dua anak cukup, jika mendapati ibu-ibu muda yang anaknya sudah dua.

“Saya hanya memberikan pengertian kepada warga akan pentingnya membatasi jumlah keluarga. Dengan KB, diharapkan kesejahteraan ekonomi keluarga akan lebih baik lagi, sehingga anak-anak mereka dapat bersekolah lebih tinggi,” pungkasnya.

Apa yang dilakukan Babinsa secara door to door tersebut, merupakan upaya membantu dinas terkait untuk menekan pertumbuhan penduduk mulai dari lingkup desa. Dan juga, secara tidak langsung mensukseskan pembangunan non fisik TMMD Reguler, yaitu KB-Kes. (Aan)

DIBACA 654 kali

Check Also

Polres Batang Terjunkan 400 Personel Pengamanan Libur Panjang

(pelitaekspress.com) -BATANG – Jajaran Kepolisian Resor Batang menerjunkan 400 personel untuk mengamankan libur panjang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *