Home / NASIONAL / Bupati Sangihe Kunjungi Warga Kepulauan di Kecamatan Tatoreng dan Kendahe
Foto: Bupati Jabes Ezar Gaghana tiba di Kecamatan Tatoareng

Bupati Sangihe Kunjungi Warga Kepulauan di Kecamatan Tatoreng dan Kendahe

(pelitaekspress.com) – Sangihe- “SANGIHE BEKERJA” terbukti tak hanya slogan semata. Bupati Jabes Ezar Gaghana didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Hermin Ririswati Gaghana – Katamsi kembali menyalurkan bantuan jaring pengalaman sosial serta menggelar pasar murah bagi warga masyarakat di sembilan desa yang berada di enam pulau di Kecamatan Tatoareng dan Kendahe.

Rombongan Bupati bertolak dari Pelabuhan Tahuna menggunakan KM. Tampungan Lawo, Sabtu (27/6) dini hari. Kecamatan pertama yang dituju adalah Kecamatan Tatoareng, yang berjarak 39 Mil Laut dari Tahuna menuju Ibu Kota Kecamatan, Kahakitang.

Penyerahan bantuan bahan pokok di wilayah itu, bupati dan rombongan terlebih dahulu mendatangi warga Desa Kalama di Pulau Kalama.

Selanjutnya menuju Desa Mahangetang di Pulau Mahangetang, Desa Kahakitang serta Desa Dalako Bembanahe dan Desa Taleko Batusaiki di Pulau Kahakitang, dan berakhir di Desa Para dan Desa Para I di Pulau Para.

Selepas makan malam, sekira pukul 19.00 wita, KM. Tampungan Lawo kembali berlayar membawa bupati dan rombongan menuju Kecamatan Kendahe, dengan tujuan Desa Kawaluso di Pulau Kawaluso dan Desa Lipang di Pulau Lipang.

Dalam dua hari kegiatan tersebut Bupati Jabes Ezar Gaghana, Ketua TP-PKK Ny. Hermin Ririswati Gaghana – Katamsi serta rombongan menyalurkan paket bantuan bahan pokok kepada 2008 warga terdampak Covid-19.

Penyerahan BST secara simbolis Terdiri dari 323 KK warga Desa Kalama, 220 KK di Desa Mahangetang, 265 KK di Desa Kahakitang, 242 KK di Desa Dalako Bembanahe, 174 KK di Desa Taleko Batusaiki, 135 KK di Desa Para, 145 di Desa Para I, 217 KK di Desa Kawaluso, dan 107 KK di Desa Lipang.

Bupati Jabes Gaghana juga, secara simbolis, menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp600 ribu/bulan untuk 3 tahap sekaligus yakni bulan April, Mei, Juni bersama pihak Kantor Pos Tahuna.

Sementara untuk membantu masyarakat kepulauan, Dinas Perindag juga melaksanakan Pasar Murah di setiap desa yang dikunjungi.

Penandatanganan prasasti tiga kegiatan fisik dana desa di Desa Kahakitang Selain itu, Bupati Jabes Gaghana juga meresmikan Tribun Lapangan, 7 Unit Bak Sampah dan Jalan Desa di Desa Kahakitang yang dibangun menggunakan dana desa 2019 serta meninjau lokasi pariwisata di Desa Lipang.

Kepada wartawan, usai rangkaian kegiatan, Bupati Gaghana mengaku bangga mendapati masyarakatnya yang berada di pulau-pulau masih tetap eksis dalam menjalani hari meski ditengah pandemi Covid-19.

Dia juga terus mendorong semua warga di kepulauan untuk terus bersemangat, karena pemerintah daerah, katanya, tidak pernah lupa dengan masyarakat yang ada di kepulauan; pemerintah akan senantiasa ada dan memberikan bantuan meskipun tidak banyak.

“Bantuan dari pemerintah ditengah pandemi ini, meskipun tidak seberapa namun akan selalu ada.

Seperti pepatah orang tua kita dulu, ‘maning mahari kai le otongang, daripada we lawo ku su sahe (meskipun sedikit tetapi ada daripada banyak tapi lewat terus),” tutur orang nomor 1 di Bumi Tampungang Lawo. (jf)

DIBACA 282 kali

Check Also

Berkeringat Demi Setabung Gas Melon

(pelitaekspress.com)-PAGARALAM-Pemandangan yang tak lazim terlihat manakala mobil pengangkut  gas stop di kawasan Kelurahan Bangunrejo Pagaralam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *