Home / NASIONAL / Bupati Blitar Serahkan BLT Dari DD Disaksikan Gubernur Jawa Timur

Bupati Blitar Serahkan BLT Dari DD Disaksikan Gubernur Jawa Timur

(pelitaekspress.com)-BLITAR- Penyerahan simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) oleh Bupati Blitar Drs.H. Rijanto, MM kepada 312 warga desa Sidorejo, kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar disaksikan Gubernur Jawa Timur yakni Khofifah Indar Parawansa , Selasa (12/05/2020).

Prosesi kegiatan penyaluran bantuan itu, dilaksanakan di Balai desa Sidorejo, kecamatan Ponggok, disaksikan melalui saluran live streaming yang diikuti Gubernur Khofifah dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

“Alhamdulillah ini respon dari Gubernur sangat luar biasa terhadap kabupaten Blitar. Khusunya desa Sidorejo, ini mampu menyalurkan dana langsung tunai dari DD untuk 312 warga miskin,” kata Bupati Blitar kepada awak media seusai kegiatan.

Warga miskin yang mendapatkan bantuan tersebut, lanjut dia, adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan. Kemudian, seseorang yang belum pernah menerima bantuan sosial dan warga masyarakat yang menderita penyakit yang mengakibatkan tidak bisa bekerja.

Bupati Rijanto turut menyampaikan, progres tahap satu penyerahan BLT Dana Desa kepada 43 desa di kabupaten Blitar, sudah terserap senilai Rp 2,1 Milyar untuk 3.614 KK.

Kemudian, secara total 220 desa se- kabupaten Blitar sudah tersalurkan anggaran sebesar Rp 76,5 Milyar.

“Ini rinciannya yang kehilangan mata pencaharian ada 690 KK. Yang belum pernah mendapatkan bantuan ada 2.361 KK, kemudian yang punya penyakit ada 464 KK. Saya minta kepada semua desa yang belum selesai memproses penyaluran bantuan, untuk fokus mempercepat penyerahan bantuan sebelum lebaran,” paparnya.

Sementara Gubernur Khofifah melalui video conference dalam live streaming dari Gedung Grahadi mengatakan, proses penyerahan BLT DD ini terlaporkan kepada Presiden dan Wakil Presiden.

Ia mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih Bupati Blitar, jajaran Pemerintah Kabupaten Blitar, Camat, kepala desa dan masyarakat yang telah mensukseskan agenda penyaluran BLT dari DD.

Terakhir, Ia mengajak kepada semua masyarakat kKabupaten Blitar untuk terus mematuhi protokol kesehatan disaat Pandemi Covid-19 masih berjalan. Agar Pandemi Covid-19 bisa segera berakhir di Indonesia khususnya di Jawa timur.

“Arahan presiden terkait pembagian BLT dana desa maksimal sebelum lebaran harus seratus persen selesai, bisa kita rampungkan. Semoga yang sudah Bupati Blitar lakukan, juga diikuti oleh Camat dan Kepala Desa,” jelas Gubernur Khofifah. (Kmf/tar)

DIBACA 381 kali

Check Also

Festival Ekonomi Kreatif Virtual, Inovasi Promosi Kala Pandemi

(pelitaekspress.com) – BATANG – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) di akhir tahun 2020, kembali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *