Home / POLITIK / Baru dilantik, DPRD Indramayu Dituntut Ribuan Petani dan Nelayan Suarakan Aspirasi Tolak RUU Pertanahan.

Baru dilantik, DPRD Indramayu Dituntut Ribuan Petani dan Nelayan Suarakan Aspirasi Tolak RUU Pertanahan.

(pelitaekspres.com) – INDRAMAYU – 24 September 2019 sebagai Hari Tani Nasional yang ke 59 tahun, Ribuan petani dan nelayan berbondong – bondong datangi Kantor DPRD Indramayu, mereka meminta kepada jajaran DPRD yang baru dilantik agar menyampaikan aspirasi pengunjuk rasa kepada DPR RI.

Dalam aksi tersebut, pengunjuk rasa menuntut DPRD Indramayu agar Tranparansi Program Hak Atas Tanah Nelayan.

“Jalankan Reforma Agraria Sejati sebagaimana Undang-Undang Pokok Agraria No.5 Tahun 1960 dan Peraturan Presiden tentang Reforma Agraria No. 86 Tahun 2018” Ucap Sutarno saat melakukan orasi.

Tak hanya itu, dalam rilis yang diterima, pengunjuk rasa juga menuntut pemerintah untuk melindungi Para Petani dan Nelayan sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Petani No.19 Tahun 2013 dan Undang-Undang Perlindungan Nelayan Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam No.7 Tahun 2016 dan Tolak RUU Pertanahan.

Jahid salah satu koordinator aksi menilai bahwa banyak perampasan sumber-sumber agraria atas nama pembangunan dengan tidak mengindahkan hak rakyat didalamnya.

“”Tawaran program kemitraan yang selama ini jelas-jelas merugikan para petani justru menjadi pilihan pahit yang diberikan oleh pemerintah. Bukannya menyelesaikan persoalan, malah menambah panjang daftar konflik dengan klaim-klaim yang tidak jelas oleh para pelaksana kelompok kerja Perhutanan Sosial dilapangan yang selama ini tidak cermat dalam hal melihat situasi dilapangan.” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Indramayu didampingi wakil dan anggota lainnya menyampaikan bahwa ia akan terus mengawal aspirasi masyarakat sebagai bentuk tanggung jawabnya.

” Meskipun ini ranah pusat, tetapi kami DPRD punya tanggung jawab untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pusat dan akan terus mengawalnya.” Tutur Syaefudin.(EM/GTR)

DIBACA 7.185 kali

Check Also

TEC Gelar Silaturahmi Bersama Umat Kristiani, Pengusaha Online, dan Perwakilan Pedagang Pasar Kalianda

(pelitaekspress.com) – LAMSEL – Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Lampung H. Tony Eka Candra (TEC) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *