Home / PENDIDIKAN / 900an Peserta Semangat Ikuti Workshop Online Coding dan Robot UBL

900an Peserta Semangat Ikuti Workshop Online Coding dan Robot UBL

(pelitaekspress.com) – BANDAR LAMPUNG – Universitas Bandar Lampung (UBL) membuktikan kegiatan akademiknya dimasa Pandemi Covid-19 tidak berhenti. Kali ini UBL bekerjama sama dengan Gerakan Bersama Kita Kuat (GEMA TAAT) sukses menggelar workshop Coding and Robot secara online yang yang dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis, selama bulan Ramadhan, dari tanggal 28 April 2020 lalu hingga tanggal 19 Mei 2020. Menggandeng narasumber Riza Muhida, Ph.D dosen dan peneliti di program studi Teknik Mesin UBL dan juga Vice President of ROCI (Robotic Organizing Committee Indonesia), workshop yang dibuka oleh Rektor UBL Prof. Dr. Ir. M Yusuf S Barusman, MBA dan Chairman ROCI, Ir. Santoso Gondowidjojo, M. Mus diikuti tidak kurang dari 900an peserta setiap sesinya.

Kegiatan workshop online menggunakan media ZOOM ini dimakudkan untuk meningkatkan semangat para remaja, mahasiswa, masyarakat dalam mengisi kegiatan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah sekaligus agar meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam menghadapi Pandemi Covid-19, demikian diungkapkan Riza Muhida saat diwawancara secara daring (Selasa 19/05/20).

“Materi workshop ini dimulai dari mengenal Coding dan Robot kemudian membuat coding pertamaku, membuat traffic light, membuat program suara dengan handphone, mengenal sensor di HP, akusisi data dari sensor, mengenal program if….then, ekplorasi sensor di HP, membuat tombol push button, ekplorasi output di HP: vibrator, camera, speaker, lampu blitz, dan screen. Kemudian membuat proyek menggunakan sensor dan output HP, elektronika, simulator circuit, coding simulator, membuat CCTV, dan proyek praktis,” tambah Riza.

“Setiap sesi workshop ini selalu diikuti dengan semangat oleh para peserta. Ini terlihat dari jumlah peserta yang tidak pernah kurang dari 900an peserta setiap sesinya terdiri dari berbagai lapisan masyarakat mulai usia anak-anak, remaja, guru, dosen dan orang tua. Bahkan peserta tersebut berasal dari seluruh Indonesia dan ada juga dari mancanegara, seperti dari Amerika Serikat, Selandia Baru, Malaysia, Singapura, Uni Emirat Arab, dan Bahrain. Selain itu beberapa professor juga memberikan materinya seperti Prof Hoon dari Malaysia. Kegiatan ini akan ditutup dengan Ujian Online pada hari ini (Selasa,19/05/20). Bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat digital dari ROCI dan UBL,” tutup Riza. (*)

DIBACA 248 kali

Check Also

Ribuan Peserta Ikuti Kick Off DSC 2021 IIB Darmajaya – BRInkubator dan HIPMI

(pelitaekspress.com) -BANDARLAMPUNG – Membangun bisnis dan usaha dalam situasi pandemi untuk bertahan dan berkembang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *